Senin, 15 September 2014

10 Pentingnya Air Putih Untuk Tubuh Kita

10 Manfaat Minum Air Putih


Air merupakan sumber kehidupan yang sangat penting bagi seluruh makhluk hidup, tak terkecuali manusia. Hal ini tentu tidak bisa dipungkiri karena lebih dari 70% tubuh manusia terdiri dari air. Menurut penelitian, kita dapat bertahan hidup selama 7 hari bila tak makan, tetapi kita tidak akan kuat bila tak meminum air selama 3 hari. Berikut ini adalah
10 manfaat minum air putih yang dikutip dari berbagai sumber :

1. Mengeluarkan Racun
Air putih yang kita konsumsi dapat membantu mengeluarkan racun yang mengendap dalam tubuh kita, seperti pada usus dan ginjal. Racun-racun tersebut akan dibuang melalui urin. Dengan banyak minum air putih, maka kinerja organ tubuh kita akan menjadi lebih baik.

2. Menjaga dan menurunkan berat badan 
Minum air putih bermanfaat untuk menahan nafsu makan. Sehingga berat badan kita dapat terkontrol dengan baik dan dapat mencegah dari obesitas. Jika terasa lapar, kita bisa lakukan pengecekkan apakah kita benar-benar lapar atau hanya haus. Jika lapar kita hilang setelah minum air putih, makan kita tidak berada dalam kondisi benar-benar lapar. Minum air putih juga mampu membantu proses detoksifikasi dan mengurangi penumpukan cairan di dalam tubuh, sehingga berat badan kita bisa menurun.

3. Meningkatkan energi 
Kegiatan yang padat sepanjang hari pasti membuat kita kelelahan. Sebagian orang percaya bahwa minuman berenergi cukup untuk mengganti energi yang mereka keluarkan selama sehari. Padahal, sebenarnya minum air putih saja sudah cukup untuk mengganti energi yang hilang dan membuat tubuh jauh lebih segar. Jadi, masih lebih bermanfaat air putih dibandingkan minuman yang lain.

4. Menjaga fungsi pencernaan
Air juga dapat membuat sistem pencernaan bekerja secara efisien pada saat mencerna makanan. Asupan cairan yang cukup akan membuat makanan yang melewati saluran cerna dapat mengalir lancar dan mencegah terjadinya konstipasi. Ketika anda tidak punya cukup cairan maka usus akan menyerap cairan dari feses untuk tetap menjaga hidrasi sehingga hal ini dapat menyebabkan gangguan buang air besar.

5. Menjaga Kesehatan Tulang
Mengkonsumsi air putih yang cukup bisa membantu kita dalam memproduksi sel-sel tulang yang baru. Tulang kita menjadi lebih kuat dan tidak mudah kropos. Sehingga kemungkinan terserang osteoporosis dapat diminimalisir.

6. Meningkatkan Kinerja otak 
Air dapat membantu otak kita bekerja dengan lebih optimal. Hal ini karena otak kita mengeluarkan energi listrik dalam menjalankan fungsinya, dan air adalah konduktor yang baik untuk energi tersebut. Sehingga air dapat membuat fungsi listrik dalam otak ini lebih maksimal.

7. Memelihara Kesehatan kulit 
Jangan lupa bahwa air juga dapat membuang racun-racun dari dalam tubuh termasuk kulit. Minum air putih yang cukup dapat membuat kulit kita lebih segar, sehat dan cerah sepanjang hari.

8. Melindungi Jantung
Orang yang terbiasa minum air putih lebih dari lima gelas dalam sehari, kemungkinan meninggal akibat serangan jantung turun 41% dibandingkan mereka yang hanya minum kurang dari dua gelas air putih sehari. Selain itu kebiasaan minum air putih dalam jumlah minimal lima gelas sehari juga akan mengurangi resiko kanker. Tubuh yang tak kekurangan cairan dapat mengurangi resiko kanker usus hingga 50%, dan kemungkinan juga mengurangi resiko kanker payudara.

9. Mencegah Kadar Gula Darah Tinggi
Menurut penelitian, kebiasaan minum air putih bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Minum air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari bisa melindungi seseorang dari kadar gula darah yang tinggi (hiperglikemia) sebesar 21% dibanding dengan orang yang sedikit mengonsumsi air putih.

10. Membantu Tetap Waspada
Dehidrasi adalah penyebab utama rasa lelah yang terjadi sepanjang hari. Jika letih yang kita rasakan lebih seperti dorongan kuat untuk tidur siang, coba minum segelas air. Minum cukup air putih akan membuat kita bekerja lebih baik, paling tidak bisa mencegah kita sulit berkonsentrasi. Perlu diketahui bahwa tingkat dehidrasi sebesar dua persen bisa memicu masalah memori jangka pendek. Kita juga akan mengalami kesulitan untuk fokus pada apa yang sedang kita baca di layar komputer saat bekerja.

Demikian 10 manfaat air putih bagi kehidupan kita. Jadi jangan ambil pusing, biasakan meminum air paling sedikit 8 gelas sehari agar hidup Anda menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar